Kritik-Terbesar-terhadap-Video-Game

Manfaat dibalik Kritik Terbesar terhadap Video Game

[Cyberku] Salah satu kritik terbesar terhadap video game adalah gagasan bahwa mereka dapat menurunkan kepekaan orang (terutama anak-anak) pada kekerasan, dan dengan demikian menyebabkan perilaku yang lebih agresif dan antisosial di dunia nyata. Sebagai contoh, dalam sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa bermain game video kekerasan lebih diminati daripada yang tanpa kekerasan.

Namun disisi lain ada keuntungan yang didapat dari bermain video game. Berikut ini contoh menarik dari beberapa penelitian psikologi yang baru-baru ini muncul tentang manfaat bermain video game.

Video game dapat meningkatkan pemecahan masalah

Satu manfaat untuk bermain video game adalah peningkatan dalam pemecahan masalah dan berpikir kritis. Strategi dan permainan berbasis teka-teki adalah jenis permainan yang sangat bagus untuk meningkatkan pemecahan masalah, tetapi hampir setiap permainan video membutuhkan beberapa jenis perencanaan dan pemikiran inovatif untuk beralih ke tingkat berikutnya.

Video game dapat menjadi cara yang bagus untuk menguji otak anda dan belajar mengatasi berbagai masalah dan rintangan. Cobalah untuk menemukan video game yang sesuai dengan tingkat kesulitan yang anda mampu. Studi lain menunjukkan bagaimana permainan video game kadang-kadang dapat menyebabkan frustrasi, jadi penting untuk tidak terlalu serius mengambil game dan tidak terlalu keras pada diri sendiri.

Permainan dapat menjadi hal yang menantang. Tetapi perlu diingat bahwa permainan ini juga dimaksudkan untuk menjadi menyenangkan. Jadi jangan terlalu serius bermain game.

Video game dapat meningkatkan keterampilan motorik dan kesadaran spasial

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan menggunakan Super Mario 64. Individu yang memainkan game 30 menit sehari selama 2 bulan menunjukkan perubahan di bagian otak mereka. Terkait dengan navigasi spasial, perencanaan strategis, memori kerja dan kinerja motorik. Ini adalah satu alasan besar mengapa militer menggunakan video game untuk melatih pilot dan tentara.Banyak pembalap profesional menggunakan video game untuk meningkatkan keterampilan mengemudi mereka.

Penembak orang pertama, platformer, dan permainan mengemudi sangat berguna untuk meningkatkan koordinasi tangan-mata. Sebuah studi yang terkait menunjukkan kekuatan video game untuk meningkatkan perhatian dan mempercepat waktu respons. Dua keterampilan yang sangat penting untuk berinteraksi dengan dunia nyata dalam situasi yang serba cepat.

Video game dapat membantu Anda bersosialisasi dan membangun hubungan

Menurut penelitian terbaru , banyak gamer bermain dengan teman-teman mereka atau bahkan berteman secara online. Video game multi-pemain sering menyediakan cara untuk bersaing dengan orang lain dengan cara yang sehat dan menyenangkan. Gagasan bahwa kita dapat bermain game dengan orang-orang dari seluruh dunia luar biasa dalam dirinya sendiri.

Video game dapat mengurangi stres dan rasa sakit

Video game memungkinkan kita untuk sementara waktu lepas dari dunia stres dan kecemasan. Menempatkan diri di dunia alternatif di mana sering merasa jauh lebih kuat dan terkendali.