Game Multiplayer

7 Game Multiplayer Paling Keren Yang Bisa Dimainkan Secara Offline

[Cyberku] Multiplayer lokal perlahan tapi pasti mulai menghilang dari industri video game. Hal ini dikarenakan, kebanyakan developer mulai menghindari game multiplayer mode split-screen, dan beralih ke multiplayer online. Hal ini dapat dipahami, sebab multiplayer online menawarkan lebih banyak pemasukan dan keuntungan bagi para developer atau publisher.

Untungnya, masih ada beberapa game saat ini yang masih mengusung mode multiplayer lokal yang tentu saja 100% offline, karena jaringan yang digunakan merupakan jaringan lokal.

Jika anda merupakan tipe gamer yang ingin bermain multiplayer namun tidak punya jaringan internet, beberapa game di bawah sangat direkomendasikan. Simak yuk!

7 Game Multiplayer Paling Keren Yang Bisa Dimainkan Offline

1. Cuphead

Dianggap sebagai game eksklusif Microsoft terbaik, Cuphead menawarkan apa yang gamer inginkan di zaman sekarang, yaitu mode co-op dalam satu layar. Uniknya, meski bisa dimainkan bersama, tingkat kesulitan pada game ini masih terbilang di atas rata-rata. Cukup untuk membuat pemain paling sabar sekalipun, melempar joystick mereka saking kesalnya dengan layar game over yang selalu menghantui. Kabarnya, karakter playable ketiga dari game ini yang bernama Ms. Daisy akan segera dirilis bersamaan dengan ekspansi baru.

2. Don’t Starve Together

Don’t Starve merupakan franchise game indie yang sempat menjadi hits ketika dirilis pada 2013, dan seiring berjalannya waktu game bertema survival ini menjadi lebih baik. Beragam ekspansi dan add-ons yang dirilis membuat game ini menjadi lebih luas dan variatif. Nah, salah satu seri yang berjudul Don’t Starve Together menambahkan salah satu fitur terbaik, yaitu kesempatan untuk bermain bersama teman. Bisa dimainkan bersama melalui jaringan lokal, Don’t Starve Together menjanjikan gameplay yang jauh lebih adiktif dan ketegangan yang lebih tinggi.

3. Gang Beasts

Gang Beasts merupakan game offline multiplayer yang menugaskan setiap pemain untuk bertarung satu sama lain di sebuah arena. Gang Beasts menggunakan animasi gerakan yang mirip dengan tekstur jelly. Meskipun begitu, Gang Beasts bukanlah game yang cenderung memanfaatkan komedi berbasis fisika semata. Sebab, setiap hal dalam game ini dapat diubah menjadi senjata atau beragam benda lain yang dapat menguntungkan pemain. Selain itu, gerakan yang sulit untuk diprediksi, membuat pemain terbodoh sekalipun memiliki kesempatan untuk menang.

4. Helldivers

Helldivers mengambil konsep loot seperti yang ditawarkan Borderlands, perspektif kamera top-down seperti yang digunakan pada Super Troopers, namun ditambahkan dengan bumbu taktis seperti dalam game Ghost Recon. Secara teknis, Helldivers dapat dimainkan solo atau sendiri, tetapi bermain bersama teman sangatlah direkomendasikan. Dengan bermain multiplayer, Helldivers menjajikan gameplay yang lebih hardcore dari biasanya. Tentu saja, bermain multiplayer menjadi agak lebih sulit karena setiap anggota atau pasukan harus bisa terorganisasi dengan baik.

5. Minecraft

Melakukan debutnya pada 2009 lalu, Minecraft menjadi salah satu game paling sukses di pasaran, di mana game ini sudah tersedia di berbagai macam platform seperti konsol, smartphone, maupun PC. Kendati demikian, PC tetap menjadi platform terbaik untuk memainkan Minecraft. Salah satu alasan paling utama adalah fakta bahwa Minecraft sejauh ini masih mendukung mode split-screen empat pemain. Secara teoritis, Minecraft merupakan game multiplayer yang bisa dimainkan selamanya dan menjanjikan pengalaman bermain yang berbeda setiap kali dimainkan.

6. A Way Out

Meski bisa dimainkan online, secara harfiah A Way Out lebih ditujukan untuk dimainkan secara lokal. Game buatan EA ini, menggunakan segala sesuatu yang dapat membuat pengalaman multiplayer split-screen menjadi lebih imersif. Termasuk menggunakan perspektif pergeseran kamera yang tidak hanya memperkuat ikatan antar karakter, tapi juga pemain. Meski secara keseluruhan game ini dapat diselesaikan dalam waktu 8 jam saja, setiap pilihan kecil yang ditemui masing-masing karakter, dipastikan berbeda. Itu berarti, A Way Out menyediakan banyak ending yang tak terduga.

7. Portal 2

Berbeda dengan seri pertamanya, Portal 2 melakukan peningkatan yang jauh lebih besar dan lebih baik, termasuk memberi kesempatan pemain untuk bermain bersama menggunakan mode split-screen, untuk menyelesaikan serangkaian teka-teki gila yang memeras otak. Opsi taktis yang disediakan ketika bermain multiplayer juga meningkat sepuluh kali lipat. Harus bisa berkoordinasi dengan pemain lain menjadi momen yang lumayan membuat frustrasi pada awalnya, namun setelah sejumlah teka-teki terselesaikan, segalanya akan menjadi jauh lebih mudah.

Demikian itulah ulasan game-game multiplayer paling keren yang bisa dimainkan offline. Eksistensi dari game-game multiplayer offline memang sudah meredup saat ini. Semoga saja keberadaan sejumlah game diatas dapat membangkitkan ketenaran game multiplayer offline atau split-screen yang dulu sempat berjaya.