Game MMO

7 Game MMO Mobile yang Patut Anda Coba Mainkan

[Cyberku] Game MMO (massively multiplayer online) saat ini tengah digandrungi pencinta game mobile. Alasannya sederhana. Di tengah zaman serbacanggih seperti sekarang, developer game memiliki kebebasan untuk menciptakan game yang masif dan imajinatif. Ditambah, kini semakin mudah bermain di mana aja dan kapan aja.

Hal ini berlaku betul untuk genre RPG. Kebahagiaan mabar dan bertualang bersama teman pun udah bisa anda lakukan lewat genggaman tangan. Apalagi, zaman sekarang, smartphone udah banyak yang canggih. Bermain game MMO di perangkat mobile pun jadi berasa seru seperti main game MMORPG di PC.

Berikut daftar 7 Game MMORPG yang patut anda coba mainkan

1. Lineage II: Revolution

Game besutan Netmarble ini merupakan definisi yang tepat sebuah game MMORPG mobile. Berbasis Lineage 2 versi PC, game ini memiliki banyak fitur yang membuatnya lebih unggul dibanding kebanyakan RPG pada umumnya. Fitur PvP (player vs. player) menjadi keunggulan utama Lineage 2: Revolution. Anda akan membentuk klan atau kelompok lalu bertarung bersama ratusan orang lainnya secara real-time. Ada juga beberapa mode kompetitif lain, seperti 20vs20 dan 50vs50.

Lineage II: Revolution bukan soal PvP aja. Anda juga bisa berkumpul dengan pemain lain untuk menghabisi monster boss. Selain itu bisa mengeksplorasi dunia open world yang besar dan menaikkan level. Di awal game, anda bisa memilih karakter dengan berbagai kelas dan ras. Sebut aja ras manusia, elf, dan dwarf.

Soal grafis, enggak ada yang perlu anda takutkan dari game ini. Unreal Engine 4 membuat game ini terlihat indah secara visual. Jadi, kalau anda adalah gamers yang visualsentris, Lineage II: Revolution dijamin enggak akan bikin anda kecewa.

2. Heroes of Incredible Tales

Game yang lebih dikenal dengan nama singkatan HIT ini menjadi salah satu waralaba MMORPGmobile tersukses. Sama kayak Lineage II: Revolution, HIT juga menggunakan Unreal Engine 4 yang membuatnya sangat memuaskan mata.

Grafis 3-D yang spektakuler dari HIT ini dikombinasikan dengan gameplay yang seru dan menarik. Game besutan NEXON ini menggunakan format hack-and-slash yang bikin pemainnya betah berlama-lama untuk memainkannya. Semuanya bisa anda lakukan dengan mudah berkat kontrol yang sederhana. Hanya menyentuh satu tombol, karakter yang anda mainkan bisa melakukan serangan atau pun manuver yang spektakuler.

Mekanisme gameplay-nya juga enggak jauh beda dari Lineage II: Revolution, mulai dari fitur PvP-nya hingga sistem kelas dan ras yang bisa anda pilih. Kelebihan lainnya adalah item dan senjata yang lebih bervariasi.

3. Dungeon Hunter 5

Penggemar MMORPG mobile mungkin sering dengar judul Dungeon Hunter. Benar, game ini memang menjadi salah satu yang terpopuler. Anda bisa lihat dari angka “5” di belakangnya yang nunjukin bahwa waralaba ini udah ngeluarin lima seri game.

Dungeon Hunter 5 sendiri agak berbeda dari MMORPG kebanyakan. Mekanismenya enggak menggunakan format MMO secara keseluruhan. Soalnya, game ini lebih menekankan format co-op yang hampir mirip kayak Clash of Clans. Begitu juga dengan sistem freemium-nya yang berarti lo harus melakukan pembelian dalam aplikasi untuk mendapat item atau senjata bagus.

Meski berpotensi imba, tetap tidak ada yang bisa mengalahkan keseruan Dungeon Hunter 5. Game ini juga bisa dimainkan melalui mode campaign. Dunianya sendiri terbilang luas untuk anda jelajahi. Belum lagi ada event harian dan mingguan yang bikin game ini jadi tidak membosankkan.

4. Toram Online

Game ini bakal cocok banget buat anda yang suka main MMORPG sekaligus nonton anime. Selain itu, Toram Online juga cocok buat yang suka kebebasan. Soalnya, game ini benar-benar fleksibel. Anda bisa mengembangkan karakter dan permainan sesuka hati. Misalnya saja kustomisasi karakter yang memiliki banyak pilihan. Makanya, kalau anda adalah tipe gamers yang avatarsentris, Toram Online tidak akan bikin kecewa.

Fleksibilitas Toram Online enggak selesai sampai situ aja. Dari segi gameplay, game ini menawarkan mekanisme yang anti-mainstream untuk ukuran MMORPG. Sejak awal bermain, anda tidak akan memilih kelas atau ras. Anda bisa menciptakan dan memilih sendiri gaya bermain karakter dengan mengombinasikan skill yang berbeda, atribut, dan senjata.

Tidak hanya dari segi gameplay, Toram Online juga disukai karena memiliki cerita yang mendalam. Jalan cerita game ini sendiri dipenuhi dengan beragam cutscene bersama dengan dialog yang menarik.

5. Arcane Legends

Sesuai namanya, game ini udah masuk ke golongan MMORPG mobile legendaris. Arcane Legends udah dirilis sejak beberapa tahun lalu. Makanya, game ini dianggap jadi salah satu yang terbaik berkat umurnya yang panjang.

Dari segi gameplay, Arcane Legends mengandalkan kesederhanaan. Anda bisa memilih tiga kelas yang masing-masing memiliki keahlian dan kemampuan unik. Game ini cocok banget buat anda yang ingin bermain RPG tanpa ribet. Gameplay-nya begitu cepat dan enggak ribet. Anda hanya harus menyelesaikan misi serta mengembangkan karakter anda agar jadi lebih kuat.

Setelah itu, anda akan dibawa bermain dalam mode co-op dan PvP. Di mode ini, bisa mengadu kemampuan dengan teman atau pemain lain. Meski sistemnya lebih sederhana dibanding MMORPG zaman sekarang, Arcane Legends tetap menarik minat banyak gamers di seluruh dunia.

6. Izanagi Online

Kalau anda bosan dengan RPG yang latarnya begitu-begitu aja, berarti saatnya anda harus coba bermain Izanagi Online. Sesuai namanya yang kejepang-jepangan, game ini berlatar di Jepang abad fantasi. Anda akan bermain sebagai ninja atau samurai yang akan menaklukkan seluruh Jepang.

Dari segi gameplay, Izanagi Online menawarkan 100 misi yang bisa dimainkan. Sebelumnya, anda akan memilih satu dari empat kelas ninja atau samurai yang berbeda. Anda juga bisa membangun guild, menjalankan misi sampingan, dan memperkuat karakter dengan membunuh monster yang tersebar di map. Dunia open world yang bisa dijelajahi juga sangat luas dan bisa membuat lupa waktu.

Di balik gameplay-nya yang menarik, Izanagi Online tidak akan begitu memuaskan mata. Namun, berbagai perbaikan telah dilakukan oleh AsoBimo sebagai developer untuk memperbaiki masalah ini.

7. Rucoy Online

Daftar ini akan ditutup dengan salah satu game indie terbaik. Rucoy Online memang enggak memiliki kualitas grafis istimewa kayak game-game MMORPG zaman sekarang. Namun, gaya visual 8-bit-nya dijamin membuat anda bernostalgia dan teringat akan asyiknya bermain Legend of Zelda di zaman SNES dulu.

Gameplay-nya sendiri juga sama sederhananya dengan grafisnya. Mekanisme pertarungannya hanya mewajibkan anda menekan sekali untuk menyerang, bertahan, atau berinteraksi dengan karakter. Begitu juga dengan sistem leveling, skill, dan loot item-nya. Menariknya, di game ini anda bisa berganti kelas sesuka hati antara Knight, Archer, dan Mage.

Tidak bisa disangkal, genre RPG sangat cocok buat dimainin dalam format game MMO. Soalnya, RPG, bahkan yang luring, selalu berhasil membuat gamers di seluruh dunia bahagia. Game-game RPG juga membawa mereka ke dunia virtual yang memungkinkan anda mengeksplorasi hal baru dengan kemungkinan yang tak terbatas. Tidak ada yang bisa mengalahkan pengalaman bermain game RPG, entah itu berteman dengan pemain lain, menyelesaikan misi, mengalahkan monster, atau mengadu kemampuan dengan pemain lain.

Nah, dari tujuh game MMO mobile di atas, mana yang paling bikin anda penasaran untuk dimainkan sekarang juga?