Game Survival

5 Game Survival Terbaik untuk PS4

[Cyberku] Game survival bisa dikatakan berada ditengah-tengah genre horor dan RPG. Untuk bisa selamat (menang) di game survival, anda harus terus bertahan hidup meski terus ditempa malapetaka atau semua kemungkinan buruk lainnya. Tentu tidak bisa diam begitu aja menunggu kedatangan dewi fortuna. Agar selamat, anda harus cari semua hal yang bisa mendukung dan membantu untuk bertahan hidup. Entah itu makanan, senjata, bahan bangunan, hingga hal-hal kecil seperti kayu bakar untuk api.

Tak hanya di PC, konsol video game seperti PS4 juga memiliki pilihan game survival yang menarik untuk dimainkan. Di bawah ini adalah contoh game survival yang wajib dimainkan untuk PS4.

1. Ark Survival Evolved

Ark Survival Evolved adalah game survival berformat action-adventure. Di game ini, anda akan bermain sebagai seorang manusia yang hidup di dunia bernama Ark. Dunia Ark bukanlah dunia sembarangan. Sebab, di dunia ini terdapat dinosaurus dan makhluk prasejarah lain yang bisa menjadi ancaman sekaligus teman hidup di game ini.

Di awal permainan, hanya dibekali dengan kain untuk menutupi tubuh. Agar bisa bertahan hidup, anda harus mengumpulkan sumber daya dan apa pun yang bisa membuat jadi kuat. Dinosaurus yang ada juga bisa dipelihara jika sudah berhasil mendapatkan beberapa tertentu.

Sensasi penyintasan juga menjadi nilai plus di game ini. Tak hanya terancam oleh dinosaurus dan pemain lain, rasa lapar, haus, kepanasan, kedinginan, hingga kelelahan akan menjadi rintangan terberat di dalam game. Semuanya bisa diatasi jika sudah mengumpulkan sumber daya dan menggunakannya untuk membuat senjata atau peralatan khusus.

2. Far Cry 5

Sama seperti seri Far Cry sebelumnya, anda akan bermain sebagai seorang karakter yang terdampar di sebuah lokasi ganas. Keganasan tempat tersebut bukan hanya ada pada alam dan binatang buas yang ada di sana. Justru ancaman utama buat anda adalah karakter penjahat yang siap melakukan apa pun demi mendapatkan kepala.

Di Far Cry 5, dikisahkan ‘terdampar’ di sebuah kawasan pegunungan di Amerika Serikat yang ditinggali ribuan anggota sekte sesat yang siap membunuh. Untuk memenangkan game, anda harus menyelamatkan teman-teman yang diculik serta menangkap pimpinan sekte sesat tersebut.

Awalnya, akan mendapatkan apa pun. Seiring game berjalan, akan mendapatkan senjata dan belajar kemampuan khusus yang membuat karakter makin kuat. Game ini memiliki fitur khas berupa merebut markas musuh untuk mengamankan kawasan tertentu. Anda juga bisa berburu binatang, bahkan memancing ikan, untuk dijual dan dijadikan uang yang berguna buat membeli senjata.

Tidak hanya menarik dari segi penyintasan, Far Cry 5 juga mengundang untuk bertualang. Peta dunia terbuka yang disajikan di game ini benar-benar luas, indah, dan terlihat menantang. Ubisoft juga memberikan berbagai misi sampingan yang membuat lo harus menjelajahi peta jika memang tidak suka berlama-lama dan lebih ingin menamatkan misi utama.

3. Minecraft

Jangan heran kalau game ini kerap masuk ke daftar “game wajib beli”, bukan hanya di genre survival, tapi keseluruhan genre. Hal ini terbilang wajar karena Minecraft memang begitu menyenangkan. Desain visualnya memang membuat seakan bermain di era 80-an. Namun, semuanya akan terasa berbeda saat memainkannya.

Minecraft sejatinya adalah game survival. Pada awalnya permainan tidak punya apa-apa. Untuk bertahan hidup di dunia kotak-kotak khas Minecraft, harus menambang sumber daya dan membuat markas saat hari masih terang agar selamat dari zombie dan creeper yang muncul di malam hari.

Setelah mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan, anda bisa membuat rumah, senjata, armor, dan bahkan peralatan khusus untuk menambang agar sumber daya bisa terkumpul makin cepat.

Karena sumber daya yang kumpulkan berbentuk ‘kotak’, anda bisa membangun markas atau membuat senjata semau dan sesuai dengan imajinasi. Hal inilah yang membuat game ini jadi begitu menyenangkan karena bisa melakukan apa aja.

4. Don’t Starve

Dari judulnya, Don’t Starve udah menunjukkan kalau game ini adalah game survival. Namun, bukan berarti elemen penyintasannya cuma soal perut saja. Justru elemen penyintasan yang ada di game ini terbilang unik dan jarang ditemukan di game lain.

Rasa lapar memang menjadi hal utama yang harus dihindari untuk bertahan hidup di sebuah hutan bersalju misterius. Sebab, ada makhluk mengerikan yang siap balik memakan saat sedang mengumpulkan makanan.

Rasa frustrasi juga menjadi elemen utama di game ini. Anda harus mencegah karakter imut yang dimainkan merasa stres gara-gara salah melakukan sesuatu. Misalnya dari segi makan. Dia memang bisa makan apa aja yang ada di hutan. Namun, dia bisa stres jika salah makan atau mengonsumsi benda-benda menjijikkan.

Uniknya, game ini enggak akan berlanjut jika anda tidak mati. Jika karakter yang dimainkan mati, anda akan mendapat poin EXP sesuai dengan seberapa lama bisa bertahan. Poin ini bisa digunakan untuk membeli karatker baru dengan kemampuan yang lebih kuat dan unik.

5. Metal Gear Survive

Game ini memang mendapat respons negatif dari kritikus. Terlebih dari penggemar setia seri Metal Gear Solid yang tidak menganggap game ini karena bukan buatan Hideo Kojima. Namun, jika anda lagi mencari game survival yang ‘beneran’ survival, Metal Gear Survive-lah jawabannya.

Kalau  ingin merasakan susahnya bertahan hidup dalam situasi mencekam, artinya harus segera main Metal Gear Survive. Pasalnya, game ini memang benar-benar mengajarkan bagaimana bertahan hidup di tengah dimensi paralel yang memiliki awan racun dan zombie yang susah untuk dikalahkan.

Semua elemen penyintasan yang ada di game ini terasa begitu nyata. Bukan cuma harus mengalahkan zombie dan menghindar dari awan beracun, juga harus mengumpulkan makanan dan minuman untuk mencegah rasa lapar. Makanan yang dikumpulkan juga tak bisa sembarangan. Ada makanan beracun yang akan membuat semakin lemah. Anda juga tidak bisa berlarian begitu aja karena sistem stamina siap membuat anda kerepotan.

Sama kayak game survival lain, anda harus mengumpulkan sumber daya untuk membuat senjata dan markas. Makin canggih markas, monster yang mengincar pun makin mudah untuk dihabisi.

Untuk saat ini, pamor game survival secara keseluruhan bisa dibilang belum mampu menyaingi battle royale dan horor. Kedua genre ini memang memiliki daya tariknya tersendiri yang bisa diterima banyak kalangan. Namun, bukan berarti game survival kurang asyik buat dimainin. Justru, di game inilah anda belajar banyak tentang penyintasan. Jadi, kalau nanti ada serangan zombie atau alien dari luar angkasa, anda udah ngerti caranya bertahan hidup dengan baik dan benar.