Game yang Seru

Game yang Seru dan Tidak Melibatkan Pembunuhan

[Cyberku] Selama ini, game selalu disamakan dengan adanya unsur kekerasan. Padahal tak semua game seperti itu. Jika ada kejadian tindak kekerasan yang berhubungan dengan anak muda dan kebetulan adalah seorang gamer, game yang dimainkan akan disalahkan.

Terlepas bahwa game tidak langsung berpengaruh pada tindakan seseorang, ada sederetan game yang seru dan aman dimainkan oleh usia berapapun. Bukan cuma konten permainannya yang aman, tapi latar beberapa game ini sangatlah nyaman karena begitu indah. Berikut adalah game yang seru dimainkan tanpa melibatkan bunuh-membunuh.

1. Broken Age

Game ini adalah jenis permainan petualangan klasik yang menggunakan sistem tunjuk dan klik, serupa dengan game “Myst” atau “Monkey Island”. Bedanya, Broken Age memiliki grafik ala cerita bergambar dengan pengisi-pengisi suara ternama seperti Elijah Wood dan Jack Black.

Gamer akan memainkan dua karakter berbeda gender dari dunia yang juga berbeda, namun kedua cerita tersebut akan terhubung sesuai dengan skenario game yang diambil.

2. Oxenfree

Bisa dipastikan game ini adalah yang paling berbeda dari semua game yang masuk di daftar ini. Bukan terfokus pada keseruan aksi atau ledakan untuk membuat jadi seru, tapi cenderung menekankan pada jalan cerita menegangkan ala sains-fiksi horor.

Alex, seorang gadis muda, adalah karakter utamanya yang bertamasya ke tempat wisata menenangkan di sebuah pulau yang pernah menjadi fasilitas militer rahasia. Sepanjang game ini anda akan membantu Alex menguak cerita di balik pulau tersebut.

3. Abzu

Hal yang menyenangkan dalam game ini adalah anda akan menjelajahi keindahan bawah laut. Abzu adalah salah satu game langka yang mampu membuat gamer merasa lebih rileks setelah memainkannya, dengan efek seperti habis bersantai di pantai. Dihiasi dengan musik orkestra yang asik dan pemandangan bawah laut yang menarik, gamer akan dibawa dalam cerita menyentuh yang tanpa melibatkan kata-kata.

4. Bound

Anda akan merasa seperti menjelajah karya seni modern sambil menggerakkan karakter. Rasanya mungkin akan sama seperti jika anda memainkan “Super Mario 64” dulu. Bedanya, anda tidak perlu menggencet musuh, karakter anda akan bergerak seperti penari balet yang membentuk bola pelindung di sekelilingnya.

Bola pelindung ini akan menangkis semua benda yang dilempar kepadanya. Keindahan pemandangan mengikuti gerak karakter akan membuat anda merasa nyaman.

5. Inside

Di antara semua game dalam daftar ini, mungkin inilah game yang terseram. Dalam dunianya, anda akan memainkan anak laki-laki yang berusaha bertahan dari lingkungan yang dipenuhi zombie, hewan liar, mesin cerdas dan eksperimen-eksperimen sains yang mengerikan.

Satu sentuhan pada karakter akan membuatnya kehilangan nyawa. Anda hanya perlu berusaha menghindar atau menggunakan alat di sekeliling untuk terhindar dari semua ancaman.

6. No Man’s Sky

Walau anda belum memainkannya, mungkin anda pernah mendengarnya karena game ini telah menjadi pembicaraan banyak gamer. No Man’s Sky diprediksi sebagai game terbesar sepanjang sejarah. Para pengembang game membuat sistem permainannya menggunakan algoritma khusus sehingga apa yang anda lihat di dalamnya berbeda dengan apa yang pemain lain lihat.

Game ini berkonsep penjelajahan antariksa yang nyaris tidak terbatas, sehingga bisa jadi apa yang anda temukan dalam game ini hanya anda yang pernah melihatnya. Anda bisa menemukan planet baru dengan spesies dan bahasa baru yang bisa anda namai sendiri. Pemandangan antariksa dan tiap planet dinilai para gamer sangat menakjubkan.

7. Octodad: Dadliest Catch

Bukan hanya tanpa kekerasan, game ini sangat seru dan lucu untuk dimainkan. Anda akan memainkan karakter seorang ayah dalam keluarga manusia normal. Hanya saja karakter ayah yang anda mainkan adalah setengah gurita-setengah manusia. Sepanjang game, anda hanya akan menjalani kegiatan sehari-hari seperti orang pada umumnya, seperti belanja ke pasar atau membersihkan rumah. Semua tugas dalam game ini bertujuan untuk satu hal, yaitu meyakinkan anggota keluarga yang lain bahwa ayah gurita itu hanya seorang “manusia” normal dan tidak perlu ditakuti.

8. Firewatch

Game ini dinilai sebagai salah satu game dengan seni grafis yang terbaik. Anda akan memainkan seorang karakter bernama Henry yang bekerja sebagai pengawas pemicu kebakaran di Hutan Nasional Shoshone.

Selama jalan cerita berlangsung, anda akan ditemani rekan kerja bernama Delilah yang terus menghubungi lewat walkie-talkie. Waktu penjelajahan anda di dalam hutan yang indah akan sangat menenangkan, plus jalan cerita yang sangat menyentuh walau game ini bisa ditamatkan hanya dalam beberapa jam saja.

9. That Dragon, Cancer

Peringatan sebelum memainkannya, siapkan tisu yang cukup! Game ini diangkat dari kisah nyata tentang cerita yang dialami langsung oleh dua orang pengembangnya, Ryan dan Amy Green. Anak laki-laki mereka meninggal pada usia 4 tahun karena kanker dan itulah yang menjadi inspirasi jalan ceritanya.

Dalam game ini, anda akan berusaha meringankan rasa sakit pada anak laki-laki tersebut yang makin lama makin menjadi. Banyak gamer berpendapat memainkannya tidak mudah, bukan karena permainannya sulit, tapi karena sangat membawa emosi seiring ceritanya berlanjut.

10. Lovers in a Dangerous Spacetime

Memang game ini melibatkan tembak-menembak laser, tapi aksi tersebut tidak menunjukkan kekerasan. Plot game ini berlangsung di ruang angkasa dan yang menjadi kunci penyelesaian tiap masalahnya adalah kerja sama tim serta kekompakan. Game ini dapat dimainkan secara multi-pemain hingga empat orang, walaupun anda bisa memilih komputer untuk main sebagai rekan.

Anda akan diberikan beberapa masalah bersamaan seperti asteroid akan menabrak pesawat dan alien juga telah membobol masuk ke ruangan, jadi anda dan anggota tim harus jeli memprioritaskan masalah. Karakter yang akan anda mainkan adalah seorang astronot yang aksinya ditemani oleh musik-musik menyenangkan.

11. The Witness

Walaupun dalam game ini terdapat pemandangan beberapa orang berlarian atau menghilang karena kehilangan nyawa, hal tersebut tidak ditampilkan dalam aspek kekerasan. Metode permainannya adalah seperti puzzle yang harus anda selesaikan sebagai masalah yang terdapat pada sebuah pulau yang berkesan tidak berpenghuni. Anda akan menjelajahi pulau dengan pemandangan yang menarik dan musik yang menenangkan.

Itulah beberapa game yang seru dimainkan meski tak ada adegan kekerasan di dalamnya. Sisi positifnya, game ini juga bisa mendidik dengan cara yang menyenangkan. Coba saja beberapa di antaranya, hati-hati ketagihan ya!