Game Jadul

Game Jadul Terbaik Sepanjang Masa

[Cyberku] Game pada jaman sekarang sudah sangat bannyak variasinya, baik game online ataupun offline. Sarana yang ditawarkan pun sudah sangat melekat pada kehidupan terutama game menggunakan ponsel atau sering disebut game mobile. Namun masih ada beberapa game yang mungkin dianggap sebagai Game Jadul Terbaik Sepanjang Masa. Berikut daftar game tersebut.

1. Pokemon Series

Tidak hanya dengan filmnya, game Pokemon juga sangat digemari. Ada cukup banyak varian game Pokemon dirilis. Misalnya yang masih 2 dimensi dan pewarnaan sederhana yaitu Pokemon Yellow, Gold, atau Silver yang rilis untuk konsol GameBoy. Lalu disusul kemudian untuk Game Boy Advance (GBA) seperti Pokemon Fire Read, Ruby, atau Shappire. Kemudian untuk konsol Nintendo DS ada Pokemon Black dan White.

Dilihat dari gameplay-nya, hampir semua game Pokemon sama. Gamer akan memulai game dengan dibekali satu partner untuk berkeliling dan melawan musuh sambil menaikkan level. Seperti yang ada di TV gamer juga bisa menangkap monster apa pun bahkan termasuk yang legendaris. Belakangan Nintendo juga merilis seri terbaru untuk Pokemon yakni Alpha Sapphire  dan Omega Ruby. Di tahun depan juga ada Pokemon Go yang akan rilis untuk Android dan iOS.

2. Half Life

Membicarakan game bergenre first person shooting, maka tidak ada yang paling keren selain Half Life. Game berhubungan dengan Half Life mungkin gamer masih ingat Counter Strike dan juga Team Fortress. Dua game ini mungkin adalah yang sering gamer mainkan dulu ketika pulang sekolah atau di akhir pekan. Sebenarnya cara bermainnya sendiri sangat sederhana yakni menembak musuh dan melakukan misi. Namun sensasinya benar-benar keren seperti gamer yang masuk ke dalamnya.

Counter Strike mengawali era game first person shooting yang dimainkan secara online untuk komputer. Ada beberapa seri rilisan terbaru dari game populer ini mulai dari Counter Strike 1.3, 1.7 No Stream, dan Source. Half Life terus berekspansi dengan game satu ini. Paling baru mereka mengeluarkan Counter Strike Online dengan grafis dan opsi jenis misi yang lebih beragam.

3. Gran Theft Auto

Game ini harusnya hanya dimainkan remaja cukup umur dan orang dewasa, namun banyak sekali anak-anak yang juga memainkannya. Alasan kenapa game ini hanya boleh dimainkan bagi yang cukup umur karena di dalamnya terdapat berbagai aksi ala kriminal dan gangster Amerika. Mulai mencuri mobil, menembaki musuh, sampai membuat huru-hara. Game ini memang kontroversial, meskipun harus diakui punya gameplay-nya sangat real dan menarik.

Dilihat dari sejarahnya, Rockstar Game, si developer-nya pernah merilis seri game ini beberapa kali. Paling baru adalah GTA V yang sudah dibekali dengan grafis yang sangat mumpuni. Sehingga serasa kita yang masuk dalamnya dan berperan sebagai tokoh utama. Jika gamer mengunjungi rental Play Station, dipastikan pasti punya game satu ini.

4. Super Mario

Game ini adalah sahabat anak-anak di tahun 90an bahkan lebih tua lagi. Cara mainnya sebenarnya sangat sederhana, namun rasanya tidak pernah ada bosannya untuk terus memainkan game satu ini. Dulu jika gamer masih ingat, game ini pertama kali dipakai untuk dimainkan di mesin Nintendo.

Seiring dengan berjalan waktu dan makin berkembang pula dunia gaming, Mario tetap masih jadi andalan Nintendo, sebagai kreatornya. Buktinya, di tiap konsol buatan Jepang tersebut game ini selalu dihadirkan. Mulai dari GameCube, Wii, sampai yang terbaru yakni Wii U. Sebenarnya game Mario tak hanya tentang si tukang pipa yang menyelamatkan putri, tapi juga ada yang dikemas dengan bentuk racing bertajuk Mario Cart.

5. Resident Evil

Pernah memainkan game Resident Evil di Play Station berarti masa kecil penuh dengan ketegangan. Game ini dulu sangat terkenal seram dan bikin jantungan. Meskipun begitu, ceritanya yang seru serta gameplay-nya yang menawan membuat siapa pun penasaran untuk terus memainkan permainan bergenre horor aksi tersebut.

Inti cerita Resident Evil sendiri adalah tentang tokoh utama yang selamat dari wabah virus zombie yang harus bertahan hidup. Meskipun diisi dengan aksi tembak menembak, tapi Resident Evil mengambil gambar dengan sudut pandang orang ketiga. Sehingga player bisa leluasa menembaki zombie yang berdarah-darah itu. Jika masih ingat, momen paling menegangkan di game ini bukan ketika melawan bos monsternya, tapi ketika momen membuka pintu. Bagaimana tidak, para zombie ini seringkali menampakkan dirinya dengan tiba-tiba.

6. Metal Gear Solid

Jawara untuk daftar ini adalah Metal Gear Solid. Jika kamu pernah memainkan yang satu ini dan sangat terhibur mungkin tidak perlu dijelaskan panjang lebar kenapa Metal Gear Solid pantas jadi yang terbaik. Anak-anak kecil dulu mungkin sering berfantasi ingin menjadi mata-mata atau agen. Nah, game ini mewakili imajinasi tersebut dengan sangat baik.

Secara umum game ini bercerita tentang tokoh utama bernama Solid Snake yang harus menyelesaikan misi-misi dengan cara menyelinap dan mengintai ala mata-mata pada umumnya. Namun tentu tidak semudah itu, ada berbagai level yang harus dilalui hingga akhirnya melawan si bos besar. Metal Gear sudah bertahan hampir dua dekade namun masih belum ada game lain yang bisa melampauinya. Jika gamer tengah sibuk jangan sekali-kali mencoba game ini. Sekali tergoda, tanpa terasa akan menghabiskan waktu berjam-jam lamanya di depan monitor.

Diatas merupakan rekomendasi game jadul terbaik, jadi menurut gamer mana yang terbaik atau mungkin membuat rindu untuk kembali memainkanya. Game memang mengasikkan namun jangan lupa dengan kehidupan nyata gamer, jadi tetap harus bisa mengatur waktu untuk hiburan dan untuk raelitas.