Kriteria Memilih HP Gaming

Kriteria Memilih HP Gaming Kualitas Terbaik

[Cyberku] Kriteria Memilih HP Gaming Kualitas Terbaik untuk jaman sekarang sangat dibutuhkan. Mengingat kemajuan teknologi yang pesat terutama pada dunia gaming. Game yang dahulu bisa dimainkan pada konsol seperti Nintendo, SEGA, Playstation dan lainnya sudah mulai tergeser.

Adanya persaingan perusahaan yang bergerak dalam game juga membantu adanya perkembangan Game Mobile merajalela. Game yang ada di handphone dari Bounce, Snake dan lainnya sekarang sudah bermutasi menjadi game besar yang grafiknya sudah tidak kalah dengan game konsol yang ada. Game seperti HIT, Lineage 2 Revolution contohnya,  mereka membutuhkan kriteria tertentu agar game itu bisa maksimal dimainkan pada handphone. Tidak hanya dalam gambar saja karena game ini juga membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup. Jadi berikut beberapa Kriteria Memilih HP Gaming Kualitas Terbaik.

1. Chipset dan GPU(Graphic Process Unit)

Arti chipset adalah sistem yang ada pada handphone. Semakin bagus chipset yang digunakan tentu akan memudahkan proses yang ada di handphone saat menjalankan Game berat. Untuk chipset yang bagus disarankan menggunakan antara Qualcomm atau Mediatek, dengan processor Snapdragon seri 8XX. Sedangkan pada GPU atau penampil grafik pada android disarankan menggunakan Adreno 630 atau Mali-G72 MP18. Dalam hal chipset dan GPU memang perlu lebih mendalam mengenalnya namun bisa dicek  pada handphone atau boxnya saat memilih.

2. RAM(Random Access Memory)

Fungsi dari RAM sangat penting untuk handpone gaming, karena akan mendukung kinerja processor yang tinggi. RAM adalah tempat kerja dari processor yang meksekusi intruksi yang diberikan pada handphone tersebut jadi semakin besar RAM akan semakin leluasa Processor bekerja. Cara mengetahuinya bisa dilihat dari handphone atau juga box saat memilih. Namun akan ada perbedaan ketika melihat di box dan handphone, karena pada hardware memang tertulis pada box. Pada kenyataannya RAM juga digunakan untuk menjalankan sistem operasi yang sisnya akan tertera pada handphone.

3. Kapasitas penyimpanan

Hal ini juga menjadi penting mengingat Game Mobile dengan grafik dan jalan cerita yang menarik akan membutuh ruang yang besar untuk pemasangan. Sehingga game bisa dimainkan dan tentu juga akan membutuhkan ruang lebih lagi bila game tersebut dikelola dengan baik. Karena akan ada versi update dari pengembang untuk menjaga data semua pemain yang ada ata menambahkan fitur baru dalam game tersebut. Kapasitas penyimpanan bisa dilihat dari handphone atau box, namun hal ini juga sama seperti RAM sebagian akan dipotong sebagai ROM(Read Only Memory) untuk tempat dari sistem operasi yang tertanam di handphone.

4. Layar

Bermain game akan terasa menyenangkan bila dapat melihat grafik yang dihasilkan terlihat bagus. Semakin besar resolusi layar tentu akan semakin bagus oleh karena itu layar akan berperan penting pada grafik sebagai pendukung GPU.

5. Baterai

Untuk grafik yang bagus tentu kinerja dari handphone sendiri akan memerlukan asupan energi yang lebih, dengan adanya kapasitas baterai handphone yeng besar. Tentu akan membatu bermain game dalam waktu yang lama untuk akhirnya mengisi baterai lagi. Selain kapasitas baterai yang besar teknologi sekarang menghadirkan pengisian cepat, yang memungkinkan handphone dapat mengisi daya dengan sesaat. Cocok untuk para gamer yang tidak bisa lepas lama dari handphonenya.